Peluang Tumbuh pohon kurma di Indonesia

Peluang Pengembangan pohon kurma di Indonesia

Kampung kurma - pohon kurma
contoh kurma bahree di Aussi


Sudah lama kita mendengar bahwa pohon kurma tidak dapat tumbuh di luar timur tengah termasuk di Indonesia, tetapi isu itu kini terbantahkan dengan muculnya kurma california, Kanada, Thailand, malaysia dan bahkan kini di berbagai kota di Indonesia, sebut saja bangka belitung dengan 6 hektar kebun kurmanya, Aceh yang konon dengan 100 hektar pohon kurmanya dan kini akan hadir di beberapa kota dengan manajemen kampung kurma.

Kurma masuk dalam kategori palma yang memiliki banyak varian atau jenis, bahkan menurut salahsatu ahli kurma terdapat 1600 jenis kurma. dari kurma yang paling murah yaitu kurma mesir atau kurma curah hingga kurma yang paling mahal yaitu kurma ajwa (kurma nabi)


Dari hasil penelitian, bahwa pohon kurma dapat menghasilkan cukup cepat di Indonesia hingga dua kalinya. Bila di timur tengah pohon kurma akan berbuah atau berproduksi pada usia 10 tahun, maka di Indonesia dapat berbuah pada usia 4-10 tahun. mengagumkan bukan? yah mungkin saja karena memang tanah kita yang cukup subur dibandingkan tanah di timur tengah yang memiliki kadar pasir yang tinggi.

(Baca sistem pengelolalan kampung kurma jonggol)

Tanaman kurma sangat cocok tumbuh di tempat yang terkena paparan maksimal matahari, karena daun pohon kurma memang harus terpapar matahari, sedangkan akarnya harus berada pada tanah yang memiliki kadar air yang tinggi.

Tetapi jangan heran ya kalau ingin berbudidaya kebun kurma cukup mahal biayanya, sebut saja untuk mendapatkan bibit kurma usia 1-2 tahun varietas KL-1 asal Thailand berharga kurang lebih 1.5 juta rupiah, bagaimana jika ingin menanam 12 pohon? 

Pohon kurma termasuk palma dengan kelamin berumah dua atau terpisah, ada kurma jantan dan adapula pohon kurma betina. Pohon kurma yang dapat menghasilkan buah adalah pohon kurma betina, sedangkan pohon kurma jantan berfungsi sebagai penghasil serbuk sari.

Pohon kurma dapat dibudidayakan melalui biji kurma, anda bisa kecambahkan biji kurma tersebut di depan rumah, tetapi rasio untuk mendapatkan pohon kurma betina (pohon kurma yang dapat berbuah) hanya 10%, padahal 1 pohon kurma Jantan dapat menghasilkan serbuk sari untuk 40-an pohon kurma betina lho.. Serbuk sari kurma dapat disimpan kurang lebih 6 bulan apabila disimpan dalam tempat yang hampa udara dan di lemari es.

Jadi jangan khawatir ya kalau pohon kurma dapat tumbuh di Indonesia

Membedakan Jenis kelamin pohon kurma

Bila kita lihat secara fisik dari pohon kurma, dari biji kurma dan bibit kurma akan sulit untuk embedakan jenis kelaminnya. Jenis kelamin kurma nbaru dapat dketahui secara pasti pada saat pohon kurma tersebut telah mengeluarkan bunga. Pohon kurma berjenis kelamin jantan akan berwarna putih, dan bertepung sari, sedangkan pohon kurma betina berwarna kekuningan dan berputik.

Pembibitan pohon kurma


Pembibitan pohon kurma ada tiga cara:

1. Pembibitan melalui biji kurma.
Pembibitan dengan metode ini akan memerlukan waktu yang lama untuk mencapai tingkatan yang dapat berbuah, yakni kurang lebih sembilan tahun. selain itu rasio untuk mendapatkan jenis kelamin pohon kurma yang diharapkan.

2. Pembibitan melalui anakan atau offshot. Pohon kurma dewasa akan meghasilkan anak, sama seperti offshot pada pohon salak. Semua offshot  pohon kurma jantan akan berjenis kelamin jantan pula, sedangkan 70 persen offshot dari pohon kurma betina adalah kurma betina.

3. Pembibitan melalui proses kultur jaringan. melalui cara ini, jenis kelamin ratio bibit kurma dapat diatur sejak awal. sayangnya karena di Indonesia masih jarang yang dapat membuat kultur jaringan ini, maka harga bibit kurma ini cukup mahal dan sulit untuk mendapatkannya. 

Demikian sedikit ulasan mengenai pohon kurma dan pembibitannya di Indonesia. Mudah-mudahan dengan hadirnya kampung kurma (Jonggol, Tanjung Sari dll) dapat mempermudah bagi kita untuk mendapatkan buah kurma yang lezat.

Share this:

Tidak ada komentar